Feeds:
Posts
Comments

Bakut Sayur Asin

Dulu kalo nyokap masak ginian, bisa abis sepanci digadoin sambil nyeruput tulang2nya hehee….Trus suka juga makan di sate Aheng. Bikin sendiri aja dong lebih puas makannya. Eh iya, sayur ini kalo diinepin makin enak loh rasanya, makin nyeresep gitu deh. Makannya sama kecap asin cabe rawit dan bawang merah iris. Sedap banget!

Bahan:
-sayur asin kemasan (beli di spm), cuci bersih dan potong2.
-kaki babi (gua pake daging babi)
-bawang putih 3 siung cincang
-bawang putih 3 siung keprek, biarkan utuh
-jahe seruas jari keprek
-kecap asin 2 sdm
-garam, merica, gula secukupnya
-minyak goreng 3 sdm

Cara :
1. Rebus kaki babi (daging babi) dalam panci sampai empuk
2. Masukkan sayur asin
3. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, tuang tumisannya kedalam panci rebusan
4. Tambahkan bumbu, koreksi rasanya. Angkat

Tim Bawal Tahu

Kecintaan Avel pada ikan pastinya menurun dari gua nih. Hehehe…
kan katanya ikan itu bagus ya buat perkembangan otak anak. Makanya menu makan Avel mah gak jauh2 dari ikaaann mulu, gonta ganti aja saben hari, dari salmon, bawal, kakap, tenggiri, sampe ikan teri medan.

Kalo lagi males masak, tim ikan bawal ini cepet loh bikinnya. Tinggal siapin bahan, tus kukus deh, gak perlu ngoseng2 hehe..

Bahan :
-ikan bawal fillet seekor
-bawang putih 2 siung cincang
-bawang merah 2 siung iris halus
-jahe secuil, keprek
-daun bawang selembar, potong2 2cm
-tahu putih/tahu sutra secukupnya
-jamur kuping segenggam iris kasar
-garam, gula, lada secukupnya
-kecap ikan 1 sdm
-air setengah gelas (karena Avel suka makanan berkuah, jadi airnya gua pake 1 gelas lebih)

Cara :
1. Letakkan semua bahan pada rantang/pinggan tahan panas, lalu kukus 20 menit.

Sup Kepiting

Sangking ngidamnya pengen makan kepiting, maka kepasar lah beli kepiting. Dapet 3 ekor kepiting telor, harganya 25 rebu. Pas sampe rumah, tapi kok ya males ya bikin kepiting saus lada hitam. Tus tiba2 terbayang sup kepiting gitu, yang biasa suka jadi makanan pembuka di restoran2 chinese itu loh.

Resepnya sederhana aja sih, cuman yang ribet ngulitin kepitingnya buat diambil dagingnya hehehe…
Avel ternyata doyan pisan sama sup ini, karena gurih kali yah, kan telor kepitingnya sekalian dicemplungin gituh..
sebenernya di supermarket ada loh daging kepiting beku gitu, tapi takut gak fresh, jadi mending beli yang seger ajalah, kan di pasar ketauan kepitingnya masi idup gitu….


Bahan :
-daging kepiting, ambil daging dan telurnya (pake 1 ekor kepiting)
-ayam cincang (optional)
-telur ayam 1 butir, kocok rata
-saus tiram 1 sdm
-minyak wijen 1 sdm
-kecap asin 1 sdm
-lada, garam, gula secukupnya
-maizena 1 sdm, larutkan dengan air 1sdm
-bawang putih 3 siung, cincang halus
-daun bawang 1 lembar iris halus
-jahe secuil, keprek

Cara :
1. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan daging kepiting dan ayam (optional)
2. Setelah matang, tambahkan air, masukkan telur, aduk sampai berserabut.
3. Masukkan bumbu
4. Masukkan larutan maizena, aduk sampai mengental
5. Taburkan daun bawang, matikan api.
6. Disantap dengan kecap asin dan cabe rawit hijau.

Siomay

Siomay ini termasuk kategori apa yah? Cemilan aja deh ya…soalnya gak bisa dimakan pake nasi sih, hehe…dan enaknya kan dicemilin sembari selonjoran dan nonton tipi gitu..

Resepnya didapet dari majalan M&B, bahan2nya mudah, bikinnya pun cepet pisan, jadinya pun sudah pasti enaaak dong, pikir2, pantesan ya siomay itu mahal kalo diresto dimsum (bukan siomay abang2 loh), soale bahannya udang dan ayam sih, hehe..

Bahan :
-udang 250 gram, cincang
-ayam 250 gram, cincang (gua pake dada ayam)
-kulit lumpia (beli jadi di supermarket)
-garam
-gula
-lada
-kecap asin 2sdm
-minyak wijen 2sdm
-tepung maizena 2sdm

Cara :
1. Campur semua bahan (kecuali kulit lumpia)
2. Ambil selembar kulit lumpia, taruh 2 sdm adonan isi, cupping dengan tangan (menangkupkan keempat jari berbentuk O agar sisi2 kulit lumpia bisa terlipat)
3. Kukus dalam dandang 20 menit, sajikan dengan saus sambal.

Pepes Tahu Udang

Bahan :
tahu putih 1 buah hancurkan dengan sendok
udang 10-15 ekor, cincang
bawang putih 4 siung, iris
bawang merah 4 siung, iris
daun bawang iris halus
kunyit iris halus
telur 1 butir, kocok rata
tomat 1 butir buang biji, iris kasar
garam secukupnya
lada secukupnya
gula secukupnya
petai iris halus (optional)
cabe rawit/cabe merah iris (optional)
daun kemangi beberapa helai
daun pisang untuk mengukus
tusuk gigi

Cara :
Campur semua bahan diatas (kecuali kemangi, cabe rawit/merah, daun pisang, tusuk gigi), aduk sampai rata. Letakkan 3 sendok adonanĀ  di atas daun pisang bersih, letakkan 2-3 helai daun kemangi dan cabe merah/rawit, lalu tusuk dengan tusuk gigi pada ujung2 daun. Kukus selama 20 menit.

Udang Saus Lada Hitam

Sukaa banget sama seafood, terutama ikan. Bisa ngabisin seekor ikan bakar gede sendirian deh. Urutan kedua setelah ikan itu udang, lalu kepiting. Hehehe…
Sekarang karena lagi ada udang di kulkas, bikin udang saus lada hitam dulu deh. Sayangnya udangnya cuman tinggal sisa 9 ekor hehhahaha, nasib…jadi gak puas deh makannya…
Ini enak looh, gak kalah sama menu di warung seafood tendaan….bumbunya ngeresep sampe kulit2nya gua isep2…kikkikikik…jorok yah..;p

Bahan :
-udang 20 ekor ukuran sedang/besar cuci bersih, kerat punggungnya, buang tali hitamnya.
-bawang putih 3 siung cincang
-bawang bombay setengah siung iris kasar
-saus tiram 1 sdm
-kecap manis 1 sdm
-margarine untuk menumis 1 sdm
-lada hitam 1 sdm
-garam, gula secukupnya.
-air 150 ml

Cara :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarine sampai harum.
2. Masukkan udang, aduk sampai berubah warna.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis, garam, gula, dan lada hitam.
4. Beri air dan masak sampai air agak menyusut dan bumbu sudah menyerap. matikan kompor.

Sup Ikan Kuning

Bosen dengan sup ikan kuah bening, coba ah bikin dengan kuah kuning. Kuningnya pake kunyit. Enaknya sih ditambahin cabe rawit merah gitu biar ada cita rasa pedas, tapi karena bikin buat anak, gak pake pedas deh…


Bahan :
-ikan kakap fillet potong dadu
-bawang merah 2 siung
-bawang putih 3 siung
-kunyit seruas jari
-daun jeruk 3 lembar
-serai 1 batang keprek
-jahe seruas kecil keprek
-tomat 1 buah, buang kulit dan biji, potong dadu
-garam, merica secukupnya.
-kecap ikan 1 sdm
-minyak untuk menumis

Cara :
1. Rebus ikan kakap di panci.
2. Masukkan ke dalam food processor : bawang merah, bawang putih, kunyit, dan separo tomat dadu, proses sampai halus.
3. Tuang bumbu halus kedalam panci, aduk, biarkan mendidih.
4. Tumis jahe, daun jeruk, serai, dan separo tomat dadu sampai wangi, lalu tuang tumisan kedalam panci.
5. Tambahkan garam, merica, dan kecap ikan. Matikan kompor.